Senin, 02 Januari 2012

Sejarah Nasional Indonesia

SUMBER - SUMBER PRASEJARAH

  • Pengertian Sejarah
 Sejarah dari bahasa arab, Syajarotun artinya Pohon. Sebagaimana pohon, sejarah terus berkembang dari tingkat yang sederhana sampai tingkat yang lebih maju atau kompleks.
Dalam bahasa Inggris, kata sejarah (History) berarti masa lampau umat manusia, dari bahasa Yunani historia artinya orang pandai. 

sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia. 
tiga unsur penting sejarah 
1. semua kejadian masa lalu 
2. metode atau cara kerja yang di gunakan oleh sejarawan untuk merekontruksi masa lalu
3. pernyataan paara sejarawan dalam bentuk lisan dan tulisan

zaman pra-sejarah
- pra-sejarah adalah pengetahuan yang mempelajari kemajuan manusia dan peradabannya sebelum ada sejarah tercatat (zaman nirleka)
- sebelum ada sumber-sumber tertulis
- zaman pra-sejarah mulai dengan terjadinya manusia dan berakhir dengan adanya tulisan 
- pada setiap bangsa zaman prasejarah tidak sama berakhirnya karena catatan-catatan mengenai tiap-tiap bangsa bahwa waktunya tidak sama
- pra sejarah indonesia berakhir dengan kedatangan orang hindu yaitu pada permulaan abad masehi, sebab orang hindulah yang membawa tulisan-tulisan ke indonesia 

sumber-sumber pra sejarah
a. fosil 
peninggalan manusia pra sejarah yang tersimpan di dalam tanah berupa posil-posil yang terdiri dari sisa-sisa tubuh manusia, umumnya tulang-tulang dan gigi
b. artefak
benda-benda yang dibuat manusia. peninggalan tersebut untuk mengetaui tentang kebudayaan jasmani dari manusia pada zaman nirleka.
c. ethnologi 
kebudayaan yang belum terpengaruhi, contohnya mentawai, tanah toraja 
d. anthropologie
ilmu tentang pengetahuan tubuh manusia. pencampuran darah. misalnya yang disebabkan oleh penjajahan atau perniagaan, menyebabkan perubahan tubuh dan perubahan sifat kemakhlukan suatu bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar